Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menjaga Kesehatan bagi Wanita Ketika Haid

ALASEHATKITA - Menstruasi bagi sebagian wanita hal yang sangat menghambat kegiatan, karena akan menimbulkan rasa sakit pada perut dan sekitar pinggul.

Saat wanita mengalami haid, biasanya mereka juga lebih sensitif, mudah marah , bad mood dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, terkadang area seputar Miss V pun bisa jadi tidak nyaman saat haid. Ketika datang bulan ini, sangat penting untuk para wanita menjaga kebersihan Miss V.

Berikut ini ada beberapa tips bagi wanita yang sedang mengalami haid, agar kesehatan tetap terjaga:



(Ilustrasi/Istimewa)



1. Gunakan Pakaian Longgar

Saat haid datang, cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar sehingga tubuh dapat bergerak bebas dan lebih nyaman.

2. Istirahat Siang Cukup

Cobakah beberapa menit untuk tidur siang, meskipun anda tidak terbiasa dengan tidur siang.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat bukan cuma membuat tubuh semakin bersih, tetapi juga mengusir penat yang dirasakan. Pikiran pun menjadi lebih tenang dan emosi terkendali meski sedang menstruasi.

4. Berolahraga Ringan

Walapun terasa nyeri, bukan halangan untuk tidak berolaharaga, justru dengan olahraga ringan akan tetap menyehatkan tubuh anda dan sedkit demi sedikit mengurangi rasa nyeri.

5.Mengosumsi Makanan Sehat

Ketika Anda sedang menstruasi, pilihlah makanan sehat yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. beberapa makanan sehat yang Anda konsumsi dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan metabolisme Anda.

Ada beberapa makanan sehat yang wajib Anda konsumsi ketika menstruasi yaitu sayuran hijau, ikan, telur rebus, susu kedelai serta tahu dan juga tempe. Makanan tersebut dapat mengatasi beberapa masalah saat menstruasi seperti menstabilkan hormon dalam tubuh, mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan juga melancarkan menstruasi.

6. Ganti Pembalut dengan Teratur

Seperti yang Anda ketahui, seseorang yang mengalami haid, pasti akan mengalami rasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena penggunaan pembalut dalam yang tidak tepat.

Pilihlah pembalut yang dapat menyerap dengan sempurna. Tak hanya itu, sebaiknya Anda juga harus mengganti pembalut yang Anda gunakan minimal 2-3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar tidak ada jamur dan juga bakteri jahat yang dapat menyerang. Sedangkan untuk celana dalam, pastikan Anda menggunakan celana dalam berbahan katun agar pertukaran udara menjadi lancar.

7. Basuh Dengan Cara Tepat

Untuk membersihkannya sebaiknya basuhlah dari arah depan ke belakang. Hindari membasuh dari belakang ke depan. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan bakteri. Untuk sabun, sebaiknya pilihlah sabun yang memiliki bahan ringan tanpa pewangi dan bahan kimia.


Demikian sedikit ulasan atau tips bagi wanita ketika mengalami haid, agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog Ala Sehat Kita.

Posting Komentar untuk "7 Tips Menjaga Kesehatan bagi Wanita Ketika Haid"