Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Kelapa Hijau Mampu Netralisir Racun? Ini Ulasannya

ALASEHATKITA-Masyarakat luas memercayai air kelapa hijau sangat efektif untuk menyembuhkan orang yang tengah keracunan. Entah itu keracunan akibat makanan atau obat-obatan, air degan hijau ini yang pertama akan diburu.

Seperti yang dialami Tuminah. Warga, Kaliwungu, Kudus itu punya pengalaman keluarganya keracunan makanan. Saat itu juga ia langsung mencari kelapa hijau dan meminumkan airnya. Tak berselang lama, keluarganya yang keracunan berangsur-angsur membaik.

“Ini sudah menjadi kepercayaan secara turun-temurun. Kalau ada yang keracunan ya pakai air kelapa. Tapi tidak semua air kepala bisa digunakan, melainkan air kelapa hijau,” katanya seperti dilansir dari laman Koran Muria, Selasa (14/3/2017).

Ia menyebut, air kelapa yang digunakan untuk obat itu tak boleh dicampur dengan bahan lain. Termasuk dicampur es, karena dianggap bisa mengurangi bahkan menghilangkan khasiatnya.



Tuminah mengaku tak tahu secara pasti penyebab air kelapa hijau begitu ampuh untuk menetralisir racun. Namun yang jelas, banyak kasus yang sukses mengobati keracunan dari air kelapa hijau.

Namun, ternyata apa yang dipercayai banyak orang nampaknya tidak terlalu disepakati dalam dunia kesehatan. Seperti yang dikatakan dokter senior di Kudus, dr Maryata. Dia mengungkapkan kalau air kelapa sebenarnya tak bisa menolak racun atau mengobati.

Hanya saja menurut dia, kandungan yang ada dalam air kelapa mampu membantu dalam memulihkan tubuh dengan cepat.

“Seperti yang kita tahu, air kelapa apapun, termasuk air kelapa hijau itu mengandung ion yang sangat baik untuk tubuh. Uniknya, air tersebut dapat dengan mudah diserap tubuh sebagai pengganti cairan,” jelasnya.


Ditambahkan olehnya,  mungkin saja, dengan air kelapa yang mudah diserap tubuh maka tubuh menjadi kembalu segar setelah keracunan. Sebab jika orang keracunan maka akan membuat tubuh menjadi lemas.

“Kalau secara pasti mengobati saya kira tidak, tapi mungkin membantu saja prosesnya. Air kelapa memang bagus, tapi kandungan itu ion,” jelasnya.

Beberapa penelitian juga menyebut air kepala mengandung kloramfenikol. Yakni zat antibiotik yang bisa menekan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga mampu meringankan gejala keracunan.

Selain itu, air kelapa juga tinggi akan kandungan mineral dan elektrolit yang membuat air kepala bersifat isotonis. Kandungan ini dianggap cocok untuk menghidrasi tubuh dan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

Adanya vitamin C di dalam air kepala juga baik untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Kandungan-kandungan dalam air kelapa ini yang memungkinkan percepatan pemulihan kesehatan setelah keracunan.(*)


Posting Komentar untuk " Air Kelapa Hijau Mampu Netralisir Racun? Ini Ulasannya"