Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Bersepeda Bisa Panjangkan Umur

ALASEHATKITA - Bersepeda tentunya sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita. Selain dilombakan secara profesional, olahraga ini juga mudah dilakukan. Bahkan sepeda mulai dari untuk bersantai hingga untuk berolahraga dijual bebas di pasaran.

Namun, tahukah Anda jika bersepeda ternyata bisa memperpanjang usia?

Dilansir dari Daily Mail, di Prancis terdapat seorang pria yang berusia 105 tahun. Meski sudah seabad lebih, ia terlihat segar bugar. Setelah ditelusuri kunci panjang umurnya adalah bersepeda. Dialah Robert Marchand.
Robert menjelaskan, sebenarnya ia terbilang masih amatir dalam mengendarai sepeda. Sejak berumur 67 tahun, ia baru mencoba untuk rutin bersepada setiap hari dalam sepekan. Hanya, durasinya masih sangat minim.



Tiap kali usai melakukan olahraga itu ia selalu tertantang. Menurutnya ada keasyikan tersendiri. Adrenalinnya memacu begitu cepat dan kakinya seakan menikmati setiap kayuhan yang dilakukan.

Dari situ, ia tak sadar kalau usianya sudah melebihi satu abad. Dari hobinya tersebut, Robert bahkan berhasil memecahkan rekor dengan menaklukan 27 kilometer dalam usia 102 tahun. Terakhir, dalam usia 105 tahun ia mampu bersepeda sejauh 22,5 kilometer.

Meskipun sedikit menurun, apa yang dilakukan Robert sangat luar biasa untuk orang seusianya. Menurut hasil studi fisiologinya yang terbaru, para dokter tidak menemukan adanya masalah serius, dan diketahui mampu menggunakan oksigen dengan baik saat berolahraga.


Tingkatkan Volume Oksigen Bagi Lansia

Rupanya bersepeda bagi lansia mampu meningkatkan volume maksimal oksigen yang diproses tubuh hingga 13 persen. Kegiatan tersebut sebanding dengan melakukan aerobik yang dilakukan pada usia rata-rata 50 tahun.

Di sisi lain, Dokter Veronica Billat, profesor ilmu olahraga di Universitas Evry-Val d'Essonne Perancis yang meneliti kehidupan Marchand mengatakan, pria berambut putih tersebut memiliki memiliki rasa percaya diri tinggi, mudah bergaul, dan senang mencari teman.

Dari hasil studi yang dilakukan 2005, memiliki banyak teman dan kehidupan sosial aktif mampu mengurangi tingkat kematian dini hingga 22 persen. Sementara, diet mediterania yang dilakukan menurut para peneliti mampu mengurangi resiko serangan penyakit jantung hingga 47 persen.

Belum menunjukan tanda-tanda penurunan kondisi, Marchand kini sedang menunggu perayaan ulang tahunnya yang ke-106 untuk memecahkan rekor dia sendiri. (*)

Posting Komentar untuk "Ternyata Bersepeda Bisa Panjangkan Umur"