Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penderita Diabetes Bisa Hidup Wajar, Ini Cara yang Diajarkan Dokter Spesialis

ALASEHATKITA – Terserang diabetes orang akan merasa seperti terpenjara. Apalagi penyakit ini sifatnya menahun. Meski demikian, ada caranya bagi para diabetesi (sebutan penderita diabates), agar bisa tetap hidup wajar dan normal.

Doketer spesialis penyakit dalam RSI Sultan Agung Semarang, dr Nur Anna CS, Sp.PD menyebut, yang paling terpenting untuk para diabetisi adalah memahami penyakitnya.



Foto/Koran Muria


“Stigma seorang diabetisi akan menderita seumur hidup harus mulai dikikis. Karena dengan gaya hidup yang sehat dan sering kontrol ke dokter, dapat meminimalkan keluhan, sehingga menjalankan aktivitas sehari-hari,” katanya dikutip dari laman RSI Sultan Agung, Jumat (28/4/2017).

Dokter Anna mengajak kepada diabetisi untuk “berdamai” dengan penyakitnya. Upaya berdamai bisa dilakukan dengan rutin mengecek glukosa darah secara rutin, menaati diet dan pembatasan makanan sesuai kebutuhan, olahraga secara teratur dan hindari stress.

Selain itu, perlu kesabaran dari berbagai pihak. Mulai dari pasien, tenaga kesehatan, keluarga serta lingkungan. Dengan berdamai , kata dr Anna juga bisa menghindarkan dari bahaya komplikasi diabetes melitus seperti pandangan kabur, stroke, penyakit jantung koroner, gangguan fungsi ginjal dan lainnya.


“Dengan tetap bersemangat menjalankan kehidupan sehari-hari, tetap optimis dan berbesar hati Insyaallah masih ada harapan untuk terhindar dari kompliksi dan tidak mengakibatkan kecacatan,” ujarnya.

Posting Komentar untuk "Penderita Diabetes Bisa Hidup Wajar, Ini Cara yang Diajarkan Dokter Spesialis"