Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Sakit Perut pada Balita

Bagi Anda yang memiliki balita, info ini mungkin berguna untuk Anda. Ketika  si kecil selalu menangis  setiap kali akan buang air besar, bisa jadi itu tandanya balita mengalami konstipasi.

Nah, untuk penyebabnya sendiri bisa dimungkinkan karena beberapa hal :

Pemberian MPASI
Pemberian makanan pendamping ASI yang kurang sesuai usia anak dapat menyebabkan anak mengalami perubahan kebiasaan BAB. Mulailah MPASI dengan tekstur makanan yang paling cair, frekuensinya satu kali sehari, dan jumlahnya jangan terlalu banyak.




Kurang makanan berserat


Umumnya anak enggan makan sayur atau buah, dan lebih memilih makanan garing, seperti telur, ayam goreng, sosis, atau nugget. Buat trik dengan mencampur makanan kesukaannya dengan sayur lalu dibuat menjadi bentuk menarik.

Susu

Pemberian susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai dapat menyebabkan alergi dan konstipasi. Untuk pencegahan, selalu berikan ASI pada anak.

Trauma toilet
Kondisi toilet yang kurang bersih, berbau tak sedap, dan berserangga membuat anak trauma dan lebih memilih tidak BAB. Saat jalan berdua, carilah toilet yang bersih dan dampingin saat ia berada di dalam toilet agar tetap nyaman.

Keasyikan bermain

Saking serunya bermain, anak tidak menyadari kalau sudah waktunya BAB. Buatlah jadwal BAB anak, misalnya saat pagi hari ketika ia hendak mandi.

Nah demikian artikel tentang pemicu sakit perut pada balita. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Baca juga : Ini Bahayanya Madu Jika Dikonsumsi untuk Bayi Setiap Hari


 

Posting Komentar untuk "Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Sakit Perut pada Balita "