Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begadang Ternyata Bisa Ganggu Ingatan Seseorang

ALASEHATKITA- Kebiasaan begadang setiap malam bersamaan dengan rokok dan alkohol ternyata bisa mengganggu kualitas otak seseorang. Akibatnya, kualitas ingatan seseorang juga terganggu.

Seseorang yang kurang tidur setiap hari saja sudah membuat kualitas otak terganggu, apalagi ditambah dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Fakta itu diungkapkan Tim Ahli dari Harvard Medical School seperti dikutip dari National Geographic Indonesia, Rabu (12/7/2017).

Riset tersebut membuktikan, orang yang kurang tidur pada malam hari cenderung lebih pelupa dibanding orang yang dapat tidur nyenyak atau tidur terjadwal setiap malam. Tidur berkualitas pada malam hari disebut bisa memperkuat ingatan pada otak.



Itu sebabnya, seseorang tidak dianjurkan untuk sering begadang setiap malam bila tidak kepentingan yang mendesak. Kebiasaan buruk begadang harus dihilangkan bila ingin hidup lebih sehat.

Bagi orang insomnia sangat tidak dianjurkan meminum obat tidur. Pasalnya, obat-obatan untuk mengatasi insomnia memiliki efek yang buruk dalam jangka panjang.

Karena itu, seseorang yang menderita insomnia disarankan untuk mulai mencoba tidur teratur tanpa bantuan obat. Beberapa orang susah tidur karena berselancar dengan gadget menjelang tidur.

Selain kurang tidur, orang yang punya kebiasaan merokok ternyata memiliki ingatan yang kurang bagus. Riset menunjukkan, pria paruh baya yang merokok lebih dari dua bungkus per hari lebih rentan terganggu ingatannya.


Adapun batasan bagi perokok aktif adalah setengah bungkus setiap hari. Lebih dari itu, rokok berpotensi mengganggu ingatan seseorang, termasuk kesehatan lainnya.

Pecandu alkohol juga sulit mengingat dalam jangka pendek. Misalnya menghafal daftar. Dalam beberapa kasus, pecandu alkohol sampai kehilangan ingatan secara permanen.

Posting Komentar untuk "Begadang Ternyata Bisa Ganggu Ingatan Seseorang"